Content

Backpacker from Bandung To Lombok

Minggu, 12 Agustus 2012

Awal July 2012 saya bersama 13 teman lainnya yang menamai diri sebagai J-trip melakukan trip dari Bandung dengan tujuan akhir Lombok. Trip ke Indonesia bagian tengah ini saya tempuh dengan waktu selama 11 hari dengan menyinggahi banyak kota di pulau Jawa. Trip dimulai dari Bandung menuju Malang, Banyuwangi, Lombok, Sekotong, Tanjung Aan, Gili Nanggu, Gili Trawangan, Senggigi dan terakhir Jogjakarta sebelum saya dan rombongan kembali lagi ke kota Bandung. Berikut foto story dan rekam perjalanan saya selama trip yang terbagi ke beberapa bagian.

Indonesia Never ONTIME

Di siang yang terik saya pergi meninggalkan kontrakan sembari membawa carrier di punggung. Saya siap untuk melakoni sebuah trip panjang dari Bandung dengan tujuan akhir Lombok. Siang itu cuaca sangat terik, pukul 14.00 saya diharuskan berada di Indomart Jatinangor sebagai metting poin saya dan tiga belas teman lainnya. Ternyata bukan cuaca saja yang menyebalkan siang itu melainkan  lalu lintas siang itu nampak sangat crowded. Beberapa teman yang berangkat dari Bandung tersendat kemacetan sehingga saya  harus menunggu cukup lama untuk kedatangan mereka. Sedangkan bus Pahala Kencana jurusan Malang yang akan kami tumpangi akan berangkat dari agen
 Jatinangor pukul 15.00.

Indomaret Jatinangor yang menjadi meeting point kami
            Satu teman kami Dewul belum juga menunjukan batang hidungnya. Setelah saya coba meneleponnya ia menjawab dengan suara lunglai bahwa ia masih terjebakan kemacetan di tol Padaleunyi, sedangkan saat itu waktu menunjukan hampir pukul 15.00. Akhirnya bergeser  ke Agen bus Pahala Kencana yang letaknya persis di depan masjid IPDN. Dengan harapan bila nanti bus yang akan mengangkut kami tiba kami bisa melobby supir bus tersebut agar mau menunggu Dewul yang masih berjuang menembus kemacetan. Puji syukur ternyata busnya pun terlambat.  Saat itu semua anggota trip berdoa dan berharap bahwa Dewul datang lebih cepat dibandingkan Bus yang akan mengangkut kami. Sekitar pukul 17.00 dengan menggunakan ojek Dewul akhirnya tiba di agen bus Pahala Kencana, namun bus yang dijadwalkan  berangkat dari Jatinangor pukul 15.00 sampai saat itu belum juga tiba.

Icha Terkantuk-kantuk menanti bus yang tak kunjung tiba
    Dasar Indonesia transportasinya tidak bisa di andalkan. Sudah hampir 5 jam saya menunggu bus pahala kencana tanpa kepastian kapan bus itu akan tiba dan mengangkut kami.  Ketika ditanya pada petugas di agen tersebut ia pun tidak mampu memberi kepastian kapan bus akan tiba dan kapan kami akan berangkat. Bayangkan bagaimana rasanya  menanti sesuatu selama berjam-jam?

Zia,Mahar,Dayat,Onye
Zia,Mahar,Boneng dan Zakka
 Akhirnya bus Pahala Kencana dengan jurusan Bandung Malang tiba pukul 19.00 kami segera naik ke bus dan berangkat menuju Malang sebagai tujuan pertama kami. Disinilah Jtrip Part2 dimulai, Here we start OUR LONG JOURNEY !!! Normalnya perjalanan menuju malang inland  ditempuh selama kurang lebih 15-18 jam. Namun saat itu kondisi lalu lintas sedang kurang kondusif. Bus yang saya tumpangi terjebak kemacetan di beberapa titik, yang terparah adalah Jatinangor-Sumedang saat itu jalan Bypass  Sumedang sedang dalam perbaikan, sehingga kemacetan tidak terelakan. Jalur pantura jawa sangat penuh sesak dengan bus-bus malam dan truk jurusan Jawa Tengah dan Jawa Timur memperlambat laju bus yang kami tumpangi.
Bus Pahala Kencana yang mengangkut kami menuju Malang.

Abei, Saski, Ijul, Dewul dengan ransel di punggung menaiki Bus

Makan malam di Cimalaka

Pantura disesaki Bus Malam dan Truk, hal ini yang menghambat perjalanan menuju Malang

Bersambung ke "Lasem, Lamongan, dan stasiun Lawang"